Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin pada Jumat, 26 Pebruari 2021 menerima Tim BPJS Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin dalam rangka Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di lingkungan Dinas PUPR khususnya bagi Pegawai Non PNS. Acara ini dibuka langsung oleh Plt. Kadis PUPR, Windiasti Kartika, ST, MT dengan dihadiri oleh Kepala UPTD Sungai & Drainase beserta perwakilan pasukan turbo dan Kepala UPTD Jalan & Jembatan beserta pasukan jalan didampingi oleh Kasubbag Umum & Kepegawaian dan Kasubbag Keuangan Dinas PUPR.

Tujuan diadakannya Sosialisasi ini untuk menyampaikan Amanah UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 dan memberi pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Program bagi Penerima Upah di BPJS Ketenagakerjaan terdapat 4 (empat) program yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua) dan JP (Jaminan Pensiun).

Kecelakaan Kerja adalah kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan terjadi dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja. Sedangkan JKM adalah peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja, dimaksudkan untuk meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman atau santunan berupa uang. Cara pendaftaran melalui kolektif ke masing-masing pengurus di instansi tersebut.

Plt. Kadis menyampaikan bahwa penerima upah setidaknya dapat mengikuti dua program wajib yaitu JKK & JKM agar terlindungi dalam keselamatan kerja terutama bagi pekerja lapangan yang memiliki resiko kerja yang lebih besar. Sampai saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin baru bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga sementara kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menggunakan iuran mandiri.  

whatsapp_image_2021-02-27_at_00.35.10(1)_1

 

Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.