Sekretariat mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan administratif kepada semua satuan organisasi di lingkungan Dinas.
Sekretariat menyelenggarakan fungsi :
  • Penyusunan program, koordinasi, pembinaan, pengaturan, dan pengendalian penyusunan program dan rencana kegiatan Dinas;
  • Penyusunan program, koordinasi, pembinaan, pengaturan, dan pengendalian penyusunan rencana anggaran, pengelolaan, penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan.
  • Penyusunan program, koordinasi, pembinaan, pengaturan dan pengendalian pengelolaan urusan surat menyurat, ekspedisi dan kearsipan;
  • Penyusunan program, koordinasi, pembinaan, pengaturan dan pengendalian urusan rumah tangga dan perlengkapan; dan
  • Penyusunan program, pembinaan, pengaturan, pengendalian dan evaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian;
Sekretariat terdiri dari 3 sub bagian :
  1. Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas dan fungsi : Melaksanakan penyusunan program dan rencana, evaluasi  serta penyusunan laporan  Dinas.
  2. Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas dan fungsi : Melaksanakan penyusunan rencana anggaran, pengelolaan, penatausahaan  dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan.
  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas dan fungsi : Melaksanakan urusan surat menyurat dan kearsipan, urusan rumah tangga dan perlengkapan serta menyelenggarakan administrasi kepegawaian.