Disarankan untuk melakukan uji coba dengan menggunakan kapal berbahan HDPE

Hai Sobat PUPR Kota Banjarmasin, berikut MINPU informasikan hasil Kunjungan kami ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya hari Jum'at tanggal 12 Mei 2023 kemarin, yang diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Kelautan Bapak Dr. Eng. Trika Pitana, S.T., M.Sc. dan Kepala Departemen Teknik Perkapalan Bapak Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc., Ph.D. beserta jajaran struktural Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya. 


Kunjungan ini merupakan awal penjajakan kerjasama untuk mencari alternatif solusi khususnya terkait program pembersihan sungai di Kota Banjarmasin dari sampah & enceng gondok. Disarankan untuk melakukan uji coba dengan menggunakan kapal berbahan HDPE, dimana dari aspek umur, kekuatan & ketahanan material HDPE lebih awet sehingga biaya pemeliharaan menjadi lebih murah atau lebih ekonomis, ditambah kapal berbahan HDPE mempunyai pergerakan yang lebih aerodinamis.


Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa ITS telah bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI guna melakukan pembuatan kapal ambulan sungai berbahan HDPE yang saat ini sudah dioperasikan di kawasan Indonesia Timur tepatnya di perairan Sungai Mamberano Prov. Papua dan sedang berproggres untuk pembuatan produksi massal termasuk pembuatan kapal puskesmas keliling sungai.

Mengingat potensi Kota Banjarmasin yang berbasis sungai secara alamiah pengembangan ambulan sungai dan terutama program inovasi kapal pembersihan sungai sangat perlu direncanakan lebih modern dan digital.


Sungai Kelayan Airnya Bersih,

Rumah Banjar dari Kayu ulin,

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih,

Semoga kebersamaan kita terus terjalin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama