perbaikan dan penggantian pagar siring Sungai Martapura tepat nya di kawasan siring depan Masjid Sabilal Muhtadin

Hai Sobat PUPR Kota Banjarmasin.

MINPU ingin menginfokan bahwa Dinas PUPR Kota Banjarmasin pada TA. 2023 ini melakukan perbaikan dan penggantian pagar siring Sungai Martapura tepat nya di kawasan siring depan Masjid Sabilal Muhtadin, kawasan siring Pasar Lama serta kawasan siring Patung Bekantan, dimana panjang penggantian pagar di setiap kawasan tersebut masing-masing kurang lebih sepanjang 100 m dan rencana nya penggantian pagar ini akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya. 



Material pagar siring Sungai Martapura yang sebelum nya dari material besi (mengalami kerusakan, keropos, hilang) diganti menjadi material beton GRC (material dengan struktur utama di bentuk oleh beton bertulang dan serat), di mana kelebihan material beton GRC ini adalah tahan terhadap cuaca, tidak berkarat, kokoh namun mudah di bentuk, tidak mudah dicuri serta biaya pemeliharaan nya pun lebih murah di bandingkan material besi yang memiliki kekurangan : mudah berkarat dan keropos sehingga mudah rusak dan lepas akibatnya biaya pemeliharaan nya pun lebih tinggi. 

Warna pagarnya pun diganti, pagar beton GRC ini didominasi warna putih dan kuning emas serta bentuk nya bercorak budaya banjar, dengan maksud untuk terus mempertahankan eksistensi identitas budaya banjar pada setiap elemen bangunan, khususnya di Kota Banjarmasin.


Mari kita sama sama menjaga dan memelihara infrastruktur yang ada di kota tercinta kita ini, bukan hanya karena kita ingin mewariskan kepada  anak cucu kita tapi juga sebenarnya kita sedang berhutang kepada mereka untuk memberikan keteladanan dan contoh yang baik.


Semoga apa apa yang kita lakukan bisa bermanfaat dan menjadi amal jariah buat bekal kita kelak.

Aamiin... 🤲🏻

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama